Permasalahan utama yang dihadapi oleh pelayanan kesehatan
pada banyak negara adalah akses layanan, masalah pembiayaan kesehatan dan
buruknya mutu pelayanan kesehatan. Isu
tentang mutu pelayanan sampai sekarang masih menjadi hal yang cukup serius. Di
Indonesia, bahkan di negara maju sekalipun. Sejalan dengan hal tersebut, salah satu isu
dalam good governance di sektor kesehatan di era otonomi daerah yang belum
sepenuhnya berhasil adalah manajemen lembaga pelayanan kesehatan yang belum
berorientasi pada pengguna. Hal ini dibuktikan semakin banyaknya tuntutan
masyarakat pada pelayanan kesehatan baik yang berkaitan dengan masalah medik
maupun non-medik di media massa yang terjadi di rumah sakit, Puskesmas bahkan praktik
pribadi, serta beberapa kasus keluhan kesehatan tersebut ada yang sampai masuk
ke ranah hukum.
Secara operasional mutu adalah sesuatu yang sesuai dengan harapan
pelanggan. Hal-hal yang mempengaruhi mutu suatu pelayanan cukup banyak. Komitmen,
sikap kepemimpinan dan pelibatan semua staf juga mempunyai pengaruh yang cukup besar.
Selain juga memang adalah masalah yang menyangkut dari sisi pembiayaan. Studi tentang biaya mutu masih sangat
terbatas. Di Inggris terdapat kurang dari 40% perusahaan yang mengumpulkan informasi
tentang hal tersebut.
Biaya mutu adalah untuk perhitungan yang berkaitan dengan
perbaikan mutu. Biaya mutu terkait dengan dua subkategori kegiatan yang terkait
dengan mutu, yaitu kegiatan karena pengendalian dan kegiatan karena sebuah
kegagalan. Dengan kata lain secara umum biaya mutu dibagi menjadi dua golongan
besar yaitu biaya pada mutu yang sudah baik maupun yang belum baik. Cost of
good quality juga sering disebut sebagai cost of compliance (biaya yang
dikeluarkan untuk sebuah kepatuhan) yang meliputi prevention cost dan appraisal
cost. Cost of poor quality sering disebut cost of non compliance meliputi
failure cost yang terdiri dari biaya kegagalan internal dan eksternal.
Kalkulasi total biaya mutu adalah gabungan dari keempatnya. Jenis biaya mutu yang
dikeluarkan dapat menjadi salah satu indicator baik-buruknya mutu sebuah
organisasi. Selengkapnya klik disini !!