Home » » Kinerja Koperasi Pegawai Negeri Kesehatan Muara Enim

Kinerja Koperasi Pegawai Negeri Kesehatan Muara Enim

Written By admin on Kamis, 16 April 2015 | 17.42



Undang-Undang Republik Indonesia No 17 tahun 2012 tentang perkoperasian dalam pasal 1 menjelaskan , koperasi merupakan salah satu badan usaha yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip Koperasi.


Sebagai anggota KPN Kokesma, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama, bahwa untuk memanfaatkan dan mendayagunakan koperasi dengan baik, maka keanggotaan koperasi harus bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaan dilaksanakan secara demokratis, pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota, dan pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.


Untuk mengetahui dan menilai kinerja koperasi dalam proses mencapai tujuannya, diperlukan standar pengukuran terhadap kinerja koperasi itu sendiri. Laporan keuangan tahunan dapat memberikan informasi sehubungan dengan kondisi keuangan dan hasil yang telah dicapai koperasi tersebut .
Dalam laporan keuangan terdapat beberapa hal yang bisa kita gunakan untuk melakukan penilaian kinerja seperti laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas dan laporan ekuitas anggota. Dicakupnya laporan-laporan keuangan tersebut maka kita bisa mengetahui seberapa besar nilai aset, kas, kewajiban yang harus dibayarkan, besarnya pemasukan maupun pengeluaran, posisi keuangan dan yang tidak kalah penting adalah kita dapat mengetahui apakah koperasi dalam keadaan merugi atau untung. karena itu sebagai anggota  KPN Kokesma kita wajib tahu bagaimana kinerja koperasi kita saat ini selengkapnya disini !!


Share this article :

Posting Komentar

 
Web Terkait : Kementerian Kop dan UKM | Kementerian Kesehatan | Pemkab Muara Enim
Copyright © 2018. KPN KOKESMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Yusrizal
Proudly powered by Blogger