Home » » Salam pembuka..

Salam pembuka..

Written By admin on Kamis, 20 Februari 2014 | 22.35

koperasi pegawai negeri kesehatan kabupaten muara enim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.......

Seluruh anggota KPN Kokesma yang berbahagia, kami pengurus mencoba membuat blog yang diberi nama sesuai dengan nama koperasi kita, hadirnya blog ini selain sebagai bentuk keterbukaan informasi dari pengurus kepada semua para pihak yang ada dalam KPN Kokesma, baik itu penasehat, dewan pengawas dan semua anggota yang tersebar di berbagai kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim, tujuan lain dari hadirnya blog ini adalah mendekatkan pelayanan kami kepada semua anggota KPN Kokesma.

Disamping informasi mengenai KPN Kokesma, anggota juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti peristiwa di seputar kita, artikel-artikel tentang kesehatan, ekonomi dan juga informasi hiburan. Dengan diketahuinya informasi tentang KPN Kokesma, tentunya pengurus mengharapkan kontribusi untuk kemajuan koperasi kita ini dengan memberikan kritik dan saran yang membangun, kritik dan saran tersebut bisa dituangkan langsung di blog ini dalam bentuk komentar atau juga melalui media lainnya seperti surat, email atau SMS.

Banyak rencana yang akan ditampilkan dalam blog ini, namun mungkin admin beguyur sajo, harap maklum. Sebagai salam pembuka ada satu dalil dan konsep-konsep yang perlu menjadi perhatian kite galo;

 “Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” [al-Baqarah (2): 279].

Koperasi tidak sama dengan bank, karena tidak semua nasabah bank adalah para pendiri bank, sehingga bunga yang dibayarkan oleh nasabah kepada bank sebagai keuntungan dari bank tidak menjadi milik nasabah yang tentunya keuntungan itu tidak akan dibagikan kepada nasabah. Dengan demikian, maka pada bank yang menggunakan sistem bunga, ada pihak yang dirugikan, sebagaimana diterangkan dalam ayat yang dikutip di atas. Berdasarkan keterangan tersebut, kiranya dapat menjadi penjelasan tentang perbedaan bunga bank dengan bunga dalam koperasi. Wallahu a‘lam bishshawab.(Muhammadiyah)

Menurut Mohammad Hatta(1980:14)
Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Selanjutnya dikemukakan bahwa gerakan koperasi adalah perlambang harapan bagi kaum ekonomi lemah,berdasarkan self-help dan tolong menolong diantara anggota- anggotanya, sehingga dapat melahirkan rasa saling percaya kepada diri sendiri dalam persaudaraan koperasi yang merupakan semangat baru dan semangat menolong diri sendiri. Ia didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan, berdasarkan prinsip “seorang buat semua dan semua buat seorang”.

Definisi koperasi yang lebih detail dan berdampak internasional diberikan oleh ILO (International Labour Organization) sebagai berikut :

“Cooperative defined as an association of persons usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic end thorough the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution to the capital required and accepting a fair share of risk and benefits of undertaking”.

Dalam definisi ILO tersebut, terdapat 6 elemen yang dikandung koperasi sebagai berikut :
  1. Koperasi adalah perkumpulan orang – orang ( Association of persons ).
  2. Penggabungan orang – orang tersebut berdasar kesukarelaan ( Voluntarily joined together ).
  3. Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai ( to achieve a common economic end ).
  4. Koperasi yang dibentuk adalah satu organisasi bisnis ( badan usaha ) yang diawasi dan dikendalikan secara demokratis ( formation of a democratically controlled business organization )
  5. Terdapat kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan ( making equitable contribution to the capital required )
  6. Anggota koperasi menerima resiko dan manfaat secara seimbang ( Accepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking ).
Sekian dulu, semoga pengurus, dewan pengawas dan semua anggota memiliki komitmen yang sama untuk kemajuan koperasi ini, aamiin..

salam,


pengurus.
Share this article :

Posting Komentar

 
Web Terkait : Kementerian Kop dan UKM | Kementerian Kesehatan | Pemkab Muara Enim
Copyright © 2018. KPN KOKESMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Yusrizal
Proudly powered by Blogger